Stampa questa pagina
Super User
Condividi questo

ICMI Riau Keluarkan Imbauan Terkait Covid-19

23 Mar 2020
Published in Artikel
||||||

Wabah Coronavirus Disease 19 (Covid-19) yang kini telah manjadi pandemi turut menjadi perhatian Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Organisasi Wilayah Riau.

ICMI Riau menilai adalah hal yang wajar dan manusiawi bila wabah ini menyebabkan sebagian besar masyarakat dunia merasa cemas dan bahkan ketakutan akan tertular. ICMI juga menilai Coronavirus bukan persoalan sepele tetapi persoalan serius.
"Ia adalah persoalan yang sangat penting, menyangkut hidup kita semua, bangsa dan negara ke depan. Ini bukan persoalan pribadi tetapi persoalan universal yang di dalamnya termasuk bangsa dan negara Indonesia, khususnya masyarakat Riau," kata Ketua ICMI Organisasi Wilayah Riau, Alaidin Koto.
Terkait kondisi mewabahnya Virus Corona tersebut, ICMI Riau mengeluarkan 7 poin imbauan kepada masyarakat Riau. Imbauan dalam surat bernomor 06/ICMI/Riau/03/2020 tertanggal 21 Maret 2020 tersebut berisikan, agar:
Pertama, mengikuti dan mentaati imbauan pemerintah tentang larangan ke luar rumah, menjaga kebersihan diri, pelaksanaan ibadah, dan lain-lain, sebagaimana juga tertuang dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia No. 14 tahun 2020.
Kedua, menjadikan musibah ini sebagai perkara dan momen penting melakukan muhasabah diri secara sungguh-sungguh, baik pribadi, maupun kelompok dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah, memperbanyak istigfar, zikir, dan doa kepada Allah SWT, dan menjauhi perbantahan di antara sesama kita.
Ketiga, menjadikan musibah ini untuk kita bersatu di bawah satu komando ulil amri (umara dan Ulama), sesuai firman Allah; "athi’ullah wa athi’urrasul,wa ulil amri minkum".
TAGS:
Published in Artikel

Articoli correlati Più

Super User
(1 Vote)
Read 4133 times Last modified on Mercoledì, 07 Aprile 2021 03:45

Latest from Super User